Info Sekolah
Thursday, 01 Dec 2022
  • Selamat datang di Official SMK YASPIM
25 May 2019

SmartTren Ramadhan 1440 H SMK YASPIM

Saturday, 25 May 2019 Kategori : Berita

smkyaspim.sch.id – Untuk meningkatkan wawasan keagamaan dan praktik keagamaan Islam, sekaligus upaya pencapaian visi Jawa Barat yakni Jabar Juara Lahir Batin, berbagai usaha dilakukan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat baik intrakurikuler maupun ekstrakurikuler termasuk kegiatan penumbuhan budi pekerti malui program SMARTREN RAMADHAN Ramadhan tingkat SMA, SMK.

Berkenaan dengan kegiatan Penumbuhan Budi Pekerti bagi peserta didik, bahwa dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1440 H/2019 M SMK Yaspim melaksanakan kegiatan SmartTren Ramadhan 1440 H.

Kegiatan SMARTREN RAMADHAN adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan pada bulan Ramadhan, dalam rangka meningkatkan keimanan, ketakwaan, dan akhlak mulia di kalangan siswa

Smarttren adalah menyemarakkan syiar Ramadhan dengan mengintensifkan amaliyah ramadhan dalam Kegiatan Siswa Belajar di Pesantren.

Melalui kegiatan ini diharapkan mampu menambah wawasan keagamaan dan meningkatkan keterampilan peserta didik dalam pelaksanaan ibadah di bulan Ramadhan sehingga terwujudkan siswa yang beriman, bertaqwa kepada Allah SWT, berakhlak mulia, dan taat beribadah.

Model dan jenis SmartTren yang dipilih oleh SMK YASPIM adalah Model Amaliah Ramadhan di Sekolah. Siswa melaksanakan amaliyah Ramadhan di sekolah selama beberapa hari untuk mengikuti kegiatan keagamaan dan penumbuhan nilai-nilai dengan nara sumber dari guru PAI/nara sumber lain.

Jenis kegiatannya disesuaikan dengan ciri khas satuan pendidikan, diantaranya:

a. Shalat wajib berjamaahb. Shalat sunnah (rawatib dan dhuha)

c. Ifthar Jama’I (bila memungkinkan)

d. Tadarus al-Quran

e. Infak, sedekah dan bakti sosial

f. Ceramah Ramadhan

g. Mabit (bila memungkinkan)

Untuk materi kegiatan SMARTREN RAMADHAN meliputi :

1. Akidah – Akhlak

2. Al Qur’an – Hadits

3. Fiqih

4. Tarikh

5. Islam rahmatan lil alamiin, meliputi materi:

a. Multikulturalisme dan Toleransi

b. Pencegahan bahaya radikalisme,

c. Tabayyun Melawan Hoaks

No Comments

Tinggalkan Komentar